Ancaman Pemusnahan Triliunnan Makhluk Hidup Pada Tahun 2068



Bumi adalah planet yang berfungsi sebagai tempat hidupnya berbagai makhluk hidup.Mulai dari tumbuhan,hewan dan manusia sehingga bumi adalah planet yang harus dijaga agar planet ini tetap bisa menjadi tempat tinggal berbagai makhluk hidup.Tetapi nyatanya keadaan bumi sekarang tidaklah semakin baik,melainkan kondisinya semakin buruk bahkan dapat mengancam musnahnya berbagai makhluk hidup termasuk manusia.



Mungkin sudah tidak asing lagi istilah seperti menipisnya ozon,pemanasan global dan perubahan iklim.Oleh karena itu dengan artikel ini,saya akan mengingatkan kembali tentang pentingnya kita dalam menjaga bumi kita,sehingga kita menjaga bumi kita sebaik mungkin dan ancaman musnahnya makhluk hidup dapat diminimalisir.

Kita semua mungkin sudah tahu apa itu lapisan ozon,lapisan ozon adalah lapisan yang berupa gas yang berfungsi mereaksikan antara oksigen dengan sinar ultraviolet dari matahari sehingga sinar ultraviolet dari matahari dapat ditahan pada tingkat yang aman untuk terlindungnya kita semua dari radiasi sinar ultraviolet secara langsung.Setiap molekul ozon mengandung 3 molekul oksigen dengan rumus kimia O3.Ozon ditemukan terutama dibagian atmosfer bagian bawah,sekitar 10% ozon berada di Troposfir,suatu lapisan Tamosfir yang paling dekat dengan bumi berjarak 10-16 Km dari permukaan bumi.

Ozon Troposfir terbentuk dari reaksi kimia yang berasal dari pencemaran hasil aktivitas manusia sehingga berbahaya terhadap berbagai makhluk hidup,sedangkaan 90% lapisan ozon berada di Stratosfir,teruma lebih banyak berada diantara puncak lapisan Troposfir hingga 50 Km keatas.Ozon Stratosfir terbentuk secara alami sehingga sangat bermanfaat bagi makhluk hidup.

Tetapi akhir-akhir ini lapisan ozon terus mengalami penipisan,lapisan ozon mulai mendapat perhatian sekitar pada tahun 1980an ketika para ilmuwan menemukan adanya lubang pada lapisan ozon di Antartika.Lubang tersebut terbentuk dari radiasi ultra matahari yang tinggi.Radiasi itu berpecah dan bergabung menjadi molekul oksigen sekaligus melepaskan atom bebas sehingga molekul oksigen itu terdapat radiasi yang berbahaya terhadap makhluk hidup.

Salah satu penyebab terjadinya pelubangan lapisan ozon adalah karena lapisan ozon terganggu oleh bahan kimia klorofluorokarbon (CFC).Bahan Kimia CFC biasanya berasal dari aktivitas manusia,seperti AC yang menyala,kulkas,pengharum ruangan,parfum,penyemprot rambut dan lain sebagainya.Perlu diketahui satu buah molekul CFC memiliki massa hidup selama 50-100 tahun lamanya,sedangkan satu buah molekul CFC dapat memusnahkan 100.000 molekul ozon.

Penipisan lapisan ozon juga disebabkan oleh penggundulan hutan dan volume kendaraan yang semakin meningkat sehingga pencemaran udara bertambah.Jika lapisan ozon sudah tidak bisa menahan radiasi sinar ultraviolet dari matahari,maka hal itu dapat menyebabkan dampak negatif bagi makhluk hidup.Berikut adalah dampak negatif bagi makhluk hidup :

1.Dampak Negatif Terhadap Tumbuhan

Penerimaan sinar ultraviolet dapat memusnahkan hasil tanaman utama dunia,sehingga produktivitas tumbuhan semakin berkurang.Bahkan hasil kajian menunjukkan tanaman seperti barli dan oat mengalami penurunan karena penerimaan sinar matahari yang tinggi.

2.Dampak Negatif Terhadap Hewan
 
Dengan sinar ultraviolet akan banyak mematikan anak-anak ikan,kepiting dan udang di lautan,serta mengurangi plankton yang berfungsi sebagai sumber makanan untuk kebanyakkan hewan-hewan di laut.

3.Dampak Negatif Terhadap Manusia
 
Kerusakan ozon juga menyebabkan pemanasan global meningkat sehingga perubahan iklim terjadi dan aktivitas manusia terganggu.Dampak negatif terhadap kesehatan adalah sinar ultraviolet B dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker kulit,katarak dan penurunan sistem kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan berujung kematian.

Lubang ozon yang saat ini seluas benua Eropa diprediksi mengalami penipisan besar-besaran sejak tahun 2020,dan benar-benar akan habis lapisan ozon pada tahun 2050.Tetapi setelah pelarangan penggunaan bahan-bahan perusak ozon pada tahun 1980-an  melalui Protokol Montreal,lubang ozon berangsur-angsur pulih.Namun Hal itu tidak menutup kemungkinan lapisan ozon tidak lenyap,karena seperti yang ditunjukkan oleh penelitian NASA yang memprediksi kondisi ozon di masa datang.Walaupun hasilnya sedikit berbeda,tetapi ozon pasti akan lenyap pada tahun 2068 (Science Daily, 2006).Dan di tahun itulah mulai terjadi penderitaan dan pemusnahan triliunnan makhluk hidup.

Oleh karena itu marilah kita menjaga lingkungan kita agar prediksi itu semoga tidak terjadi,kemudian hal-hal yang harus kita lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan cara reduce,recycle,replace/replant.

hal-hal lain yang perlu kita perhatikan adalah tingkah laku kita,seperti mengurangi penggunaan AC agar tidak menambah bahan kimia CFC,mengurangi seringnya penggunaan kendaraan pribadi,atau menggunakan transportasi umum seperti bus,kereta dan lain sebagainya untuk bepergian agar pencemaran udara tidak meningkat.

Like

Comments

  1. bener gan mulai dari hal" sederhana seperti reduce, recycle, replace sedikit banyak bisa membantu mengurangi kerusakan di bumi :) let's save our planet :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat