Kenali Warna-Warna Mata Manusia,Dari Belahan Dunia



Mata adalah bagian tubuh yang berfungsi untuk melihat tempat luar atau lingkungannya,jika matanya seseorang mengalami kebutaan maka dipastikan orang itu dapat melihat.Oleh karena itu mata adalah bagian tubuh yang dijaga dan dilindungi agar mata kita dapat selalu berfungsi.Tapi tahukah kalian warna mata manusia dari belahan dunia tidaklah sama,kebanyakkan warna mata manusia adalah coklat dan hitam.Tetapi ternyata juga ada warna hazel,abu-abu,ambel dan warna hijau yang paling langka.berikut warna -warna mata manusia.



1.Mata Warna Coklat


Warna mata coklat adalah warna yang paling umum di dunia.warna mata coklat terjadi karena melanin (eumelanin) dalam stroma iris.Kebanyakkan orang-orang yang berwarna mata coklat adalah orang-orang di Asia.

2.Mata Warna Hitam


Warna mata hitam adalah warna mata yang juga termasuk yang umum di dunia.sama seperti mata warna coklat,mata warna hitam terjadi karena melanin (eumelanin) dalam stroma iris.Orang-orang yang matanya berwarna hitam kebanyakkan orang-orang Melayu,Arab dan Cina.

3.Mata Warna Biru


Warna mata biru termasuk yang umum di Eropa Hans Eiberg dari Department of Celluler and Molecular Medicinen,University of Copenhagen,mengatakan bahwa ada mutasi genetik yang menyebabkan mata berwarna biru.Mutasi itu terjadi pada sekitar 6.000-10.000 tahun yang lalu.Kebanyakkan orang-orang yang berwarna mata biru berada di negara Jerman,Norwegia,Swedia,Austria,Finlandia,Estonia,Denmark,Belanda dan di wilayah eropa lainnya.Sedangkan di wilayah Asia Tengah dan Timur Tengah sangat jarang.Mata biru terjadi karena rendahnya jumlah melanin pada mata.

4.Mata Warna Merah Kecoklattan(Hazel)


Warna mata hazel berasal dari kombinasi hamburan Rayleigh dan sejumlah melanin di lapisan perbatasan depan iris.Warna mata hazel didefinisikan sebagai warna menengah antara hijau,cokelat dan hitam.Warna mata hazel sangat umum di antara orang-orang Amerika dan Eropa.Sementara langka di Afrika dan Asia.

5.Mata Warna Abu-Abu


Warna mata abu-abu dapat dianggap sebagai warna biru gelap(seperti biru-hijau).Warna mata ini berhubungan dengan melanin rendah di iris dan berhubungan dengan pigmentasi yang sedikit di seluruh tubuh (seperti kulit pucat,rambut cerah,dll).
6.Warna Mata Amber


Warna mata amber adalah mata yang didefinisikan dengan warna kuning keemasan dan warna coklat muda atau warna tembaga.Warna mata amber terjadi karena adanya pengendapan 'lipochrome',pigmen kuning di iris.Ini termasuk warna mata yang langka,warna mata ini juga dijuluki mata serigala karena warna mata hazel sangat umum di serigala.

7.Warna Mata Hijau


Jika anda terlahir dengan mata warna hijau,mungkin anda patut bangga karena Mata dengan warna hijau adalah mata yang paling langka.Terjadinya warna mata hijau karena jumlah produksi melanin moderat.Orang-orang yang terlahir di Eropa Utara atau di negara-negara nordic (seperti Norwegia,Islandia,Swedia,Denmark,Jerman dan Belanda) biasanya memiliki mata berwarna hijau.

Itulah warna-warna mata manusia dari belahan dunia,tentunya Tuhan menciptakan manusia dengan fisik yang berbeda-beda.Oleh karena itu patutlah kita kagum terhadap Kuasa Tuhan,dan selalu bersyukur kepada-Nya.










Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat