Manfaat Sholat Bagi Kesehatan



Bagi umat muslim tentu saja ibadah sholat merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan sebanyak lima waktu.Tetapi ternyata gerakan sholat terbukti bermanfaat bagi kesehatan,sehingga selain sebagai ibadah ternyata sholat juga bisa membuat tubuh menjadi sehat.Lantas apa manfaat kesehatan dari sholat ?berikut adalah manfaat sholat bagi kesehatan.


1.Takhbiratatul Ikhram

Gerakannya yaitu berdiri tegak,mengangkat tangan sejajar dengan telinga kemudian melipatnya di atas perut atau di bawah dada.Sedangkan manfaatnya bagi kesehatan adalah melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh,terutama ketika mengangkat tangan menyebabkan otot bahu merenggang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.Jika aliran darah lancar maka persendian akan menjadi lebih sehat dan kuat.

2.Rukuk

Rukuk yang benar adalah tulang belakang lurus,sehingga jika diletakkan segelas air di atasnya maka tidak akan tumpah,dan posisi kepala lurus dengan tulang belakang.Sedangkan manfaat kesehatan rukuk adalah menyempurnakan posisi tulang belakang,merelaksasi otot-otot bahu hingga ke bawah dan posisi rukuk dapat mencegah gangguan prostat pada kemih.

3.I'tidal

I'tidal adalah gerakan bangkit dari rukuk sehingga tubuh berdiri tegak setelah mengangkat tangan setinggi telinga.Manfaatnya adalah dengan gerakan i'tidal organ pencernaan mengalami pemijatan dan pelonggaran sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

4.Sujud

Sujud adalah gerakan dengan meletakkan dahi,kedua tangan,lutut dan ujung kaki pada lantai.Manfaatnya adalah dengan gerakan sujud posisi jantung berada di atas otak sehingga aliran darah ke otak lebih maksimal dan itu menyebabkan daya ingat dan kecerdasan otak menjadi lebih baik.Dengan gerakan sujud pula dapat mencegah gangguan wasir,selain itu sujud terbukti sangat bermanfaat buat kesuburan dan organ kewanitaan.

5.Duduk

 duduk dalam sholat ada dua macam yaitu tahiyat awal(iftirosy) dan tahiyat akhir(tawarruk) perbedaan dua macam duduk ini terletak pada posisi telapak kakinya.Manfaat tahiyat awal terlihat ketika kita duduk bertumpu pada pangkal paha gerakan ini menyebabkan terhindar nyeri pada pangkal paha yang menyebabkan penderitannya tidak mampu berjalan.Sedangkan gerakan tahiyat akhir menyebabkan tumit menekan aliran kandung kemih(uretra),kelenjar kelamin pria dan saluran vas deferens.Gerakan itu dapat mencegah seseorang dari penyakit impotensi.Sedangkan gerakan kaki pada tahiyat awal dan tahiyat akhir menyebabkan otot tungkai kaki meregang dan merelaksasi,sehingga sistem gerak menjadi lebih terjaga dan lebih kuat.

6.Salam
 
Salam adalah gerakan dengan menggerakkan kepala ke kanan kemudia ke kiri.Manfaatnya adalah dengan gerakan salam relaksasi terjadi terhadap otot sekitar leher dan kepala,sehingga aliran darah menuju kepala menjadi lebih baik.sehingga sakit kepala dapat terhindarkan dan kekencangan kulit wajah terjaga.

Ternyata selain menambah pahala,sholat juga dapat menyehatkan tubuh.Jadi sangatlah rugi orang yang meninggalkan sholat karena mendapat dosa dan tidak mendapat manfaat kesehatan dari gerakannya.



Comments

  1. pasti,, semua ada manfaatnya

    ReplyDelete
  2. kunjungi yah mas,,,,,, kalo mau kita tukar link mau ... kecamatan cipedes

    ReplyDelete
  3. wah info yang bagus gan.
    Sholat lah sebelum di sholatkan. hihihi
    kunbal ya
    https://grafisdesaign.wordpress.com/

    ReplyDelete
  4. bermanfaat banget dan dapet pengetahuan baru ternyata saat rukuk posisi kepala yg benar adalah sejajar dengan tulang belakang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat