Cara Sederhana Menyembuhkan Hidung Tersumbat






Hidung tersumbat merupakan kondisi tidak menyehatkan yang sederhana,namun hidung tersumbat sering membuat seseorang merasa jengkel.Dengan adanya kondisi hidung tersumbat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak fit.Efek samping dari kondisi ini adalah pusing,sulit mengeluarkan ingus,bicara tidak jelas dan masih banyak lagi.Hidung tersumbat terjadi karena terdapat lendir berlebih di dalam rongga hidung,penyebabnya bisa bermacam-macam.Bisa karena flu,alergi,kedinginan,kuman yang masuk dapat memicu lendir keluar lebih banyak,atau karena aktifitas kita sehari-hari.


Sebenarnya terdapat beberapa cara sederhana untuk menyembuhkan hidung tersumbat,sehingga pembelian obat-obattan untuk hidung tersumbat tidak diperlukan.Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan hidung tersumbat:

  • Mandi Air Hangat
Mandi air hangat termasuk dalam cara menyembuhkan hidung tersumbat secara sederhana.Biasanya seseorang mandi dua kali dalam sehari di waktu pagi dan sore.Oleh karena itu mandi merupakan kebutuhan manusia yang tidak dapat dibantah lagi.Sehingga jika ada yang terkena kondisi hidung tersumbat dapat mandi air hangat di waktu pagi atau sore,atau di waktu saat terkena hidung tersumbat.Uap air hangat ini bisa mengencerkan lendir berlebih di dalam hidung sehingga lendir berlebih dapat dikeluarkan dan hidung dapat terasa lebih lega.
  • Minum Air Hangat
Meminum air hangat merupakan cara yang gampang untuk dilakukan.Dengan meminum air hangat yang suhunya diatas 30 derajat celcius,bisa ditambah dengan susu,kopi, atau teh,dapat membuat hidung terasa lebih lega,tubuh terasa hangat, dan peredaran darah menjadi lebih lancar.
  • Menyantap Makanan Pedas
 Jika anda termasuk dalam orang yang suka menyantap makanan pedas,maka anda bisa mencoba untuk menyantap makanan pedas ketika gejala hidung tersumbat terjadi.Dengan menyantap makanan pedas maka hidung yang semula tersumbat akan menjadi lega dan longgar.
  • Makan Sup Ayam
Banyak orang mungkin sudah tahu bahwa sup ayam merupakan makanan yang menyehatkan.Tetapi perlu diketahui ternyata sup ayam juga dapat menyembuhkan kondisi hidung tersumbat.Jika kondisi hidung tersumbat muncul,maka makanlah sup ayam hingga kenyang.Sup ayam ini mengandung sistein yang sangat berguna membuat hidung terasa lega dan longgar.
  • Berkumur Dengan Garam
Menyembuhkan hidung tersumbat dengan garam caranya adalah satu sendok makan garam masukkan ke dalam air hangat.Kemudian aduk hingga larut dan berkumurlah beberapa kali.Cara ini termasuk cara terbaik untuk mengalirkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung anda.
  • Tidur Telentang Dengan Posisi Lebih Tinggi 
Ketika akan tidur dan mendadak hidung tersumbat,maka berbaringlah dengan posisi telentang.Posisi yang bagus adalah kepala lebih tinggi  hingga hampir duduk, atau membentuk sudut 45 derajat.Ganjal punggung dan leher dengan bantal.Hal ini memungkinkan lendir dalam hidung akan keluar, dan cara ini membuat waktu terasa lebih nyaman karena terhindar dari kesulitan bernafas.
  • Steaming
Dengan steaming,maka hidung dapat menjadi longgar dan lega.Caranya adalah ambil baskom berisi air mendidih dan kurungi kepala dengan handuk sehingga uap langsung terhirup ke hidung dan mengenai wajah.Steaming bermanfaat untuk mengalirkan lendir dan racun di dalam tubuh.
  • Trik Akupresur
Pengguna media sosial Reddit bernama Gymfork mengajarkan sebuah trik akupresur yang dapat meredakan hidung tersumbat.Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Tempel dan tekanlah lidah anda ke langit-langit.Jangan menekan hanya pada satu titik,tetapi pada bidang luas (seakan-akan mendorong).
  2. Gunakan jari untuk menekan kening di antara alis mata anda.
  3. Tahan selama 20 detik dan kemudian lepaskan.
Setelah melepaskan tekanan lidah dan kening anda,maka akan terasa cairan mengalir di tenggorokkan, dan hidung pun terasa lega.

Itulah beberapa cara sederhana untuk menyembuhkan kondisi hidung tersumbat,sehingga pembelian obat hidung tersumbat tidak diperlukan.

Like

Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat