Hotel Terbesar Sedunia Muncul di Mekkah,Bangunan Bersejarah Semakin Tersingkirkan

Mekkah adalah kota yang merupakan salah satu kota utama di Arab Saudi.Di Mekkah terdapat Masjidil Haram atau Ka'bah yang merupakan kiblat sholat bagi seluruh umat muslim di dunia.Kota ini merupakan kota suci umat islam dan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.


Mekkah dikenal sebagai kota dagang,pada masa lalu terdapat jalur perdagangan Yaman-Mekkah-Madinah-Damaskus.Sekali keberangkatan kafilah dapat mendapatkan penghasilan hingga 600.000 pound.

Mekkah merupakan kota untuk beribadah haji dan umroh bagi seluruh umat muslim di dunia.Tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan pertumbuhan ekonomi,Masjidil Haram terus mengalami perluasan wilayah hal itu dikarenakan semakin tingginya minat untuk beribadah haji dan umroh.

Namun,di sekitar Masjidil Haram terdapat berbagai macam hotel,restauran dan mall yang mewah dan megah.Sehingga bangunan-bangunan mewah itu dapat membuat para jamaah merasa lebih nyaman dari pada berada di Masjidil Haram.

Miris memang melihat ketika para jamaah taat beribadah di Masjidil Haram,di lain pihak di sekitar Masjidil Haram didapati orang-orang yang bersenang-senang di hotel,restauran dan mall yang mewah dan megah.Berbagai tempat bersejarah di sekitar Masjidil Haram terancam akan segera sirna seiring dengan pembangunan gedung pencakar langit.

Sebelum pada tahun 1925,pemerintah Arab Saudi telah menghancurkan beberapa peninggalan di kuburan Baqi'.Dimana disana dikuburkan sebagian besar istri-istri Nabi Muhammad SAW dan anak-anaknya serta kerabatnya untuk perluasan masjid Nabawi Madinah.Tidak hanya itu,pemerintah Arab Saudi juga telah menghancurkan sebuah rumah Khadijah dan mengubahnya menjadi pemandiaan umum bagi para jamaah haji,situs yang diyakini merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW telah dirubah menjadi pasar ternak sebelum akhirnya menjadi perpustakaan Mekkah,rumah Sayyidina Abu Bakar yang telah berubah menjadi Hotel Hilton dan Benteng Ustmani yang dibangun pada abad kedelapan belas telah dibongkar pada tahun 2002.

Semua kegiatan itu tentu saja membuat negara-negara islam yang mendukung menjaga situs bersejarah islam seperti negara Mesir dan Turki membuat petisi yang bertujuan dikirim ke Raja Abdullah.

Baru-baru ini di Mekkah terdapat hotel terbesar sedunia yang akan beroperasi pada tahun 2017,hotel itu bernama Abraj Kudai dengan 45 lantai dan 12 menara.Hotel Abraj Kudai memiliki fasilitas 10.150 kamar tidur,70 restauran,4 helipad,30 mall atau pusat perbelanjaan.Menurut analisis TheGuardian luasnya hotel setara dengan 100 kali lapangan sepak bola terbesar di Amerika Serikat.Modalnya didapat dari investasi gabungan senilai 2,3 miliar poundsterling atau setara dengan Rp.300 triliun.

Hadirnya hotel terbesar sedunia ini tentu saja dapat membuat bangunan bersejarah menjadi sepi.Di hotel ini pula akan dapat menjadi tempat pusat untuk bersenang-senang,padahal di pihak lain sekumpulan orang sedang taat beribadah di Masjidil Haram.





       

Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat