Khasiat Istimewa Singkong Terhadap Penyakit


Singkong atau ketela pohon adalah tanaman pangan berupa perdu dari suku Euphorbiaceae.Umbinya dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.Singkong berasal dari benua Amerika,tepatnya berasal dari Brazil.Penyebarannya hampir ke seluruh dunia,yaitu penyebarannya hingga ke Madagaskar,Tiongkok,India,Afrika,Indonesia dan umumnya penyebarannya di negara-negara pertanian.Di Indonesia sendiri singkong masuk pada tahun 1852.

Perdu,bisa mencapai tinggi hingga 7 meter.Dengan cabang agak jarang.Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan.Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm,tergantung dari klon/kultivar.Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.Gejala kerusakannya ditandai dengan perubahan warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi kesehatan.

Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi :

  • Kalori = 121 kal
  • Air = 62,50 gram
  • Fosfor = 40,00 gram
  • Karbohidrat = 34,00 gram
  • Kalsium = 33,00 miligram
  • Vitamin C = 30,00 miligram
  • Protein = 1,20 gram
  • Besi = 0,70 miligram
  • Lemak = 0,30 gram
  • Vitamin B1 = 0,01 miligram
Sedangkan daun singkong yang biasa digunakan untuk sayuran pada masakan sunda dan masakan padang mengandung nutrisi sebagai berikut :

  • Protein = 6,8 gram
  • Kalsium = 165 mg
  • Fosfor = 54 mg
  • Besi = 2.0 mg
  • Vitamin A = 11000 IU
  • Vitamin C = 275 mg
Kita semua mungkin sudah mengetahui jika singkong merupakan bahan pangan yang sangat familiar di Indonesia.Meskipun singkong dapat berfungsi sebagai makanan pokok,ternyata singkong juga dapat menyebuhkan berbagai macam penyakit.Hal itu dikarenakan singkong merupakan antioksidan,antikanker,antitumor, dan dapat meningkatkan nafsu makan.Berikut ini adalah berbagai macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan singkong :

Khasiat Singkong untuk Rematik

Pengobatan rematik dengan singkong dapat dilakukan melalui luar tubuh dan dalam tubuh.Melalui luar tubuh dengan cara lima lembar daun singkong ditambah 15 gram jahe,lalu aduk dan oleskan pada tubuh.Melalui dalam tubuh dengan cara gunakan 100 gram batang singkong,serai,garam, dan jahe 15 gram.Semua bahan tersebut direbus dengan 1000cc air hingga menjadi 400cc,saring dan minum sebanyak 200cc sekali dalam sehari.Lakukan selama dua hari.

Khasiat Singkong untuk Demam

Rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800cc air.Tunggu hingga rebusan menyusut menjadi 400cc,saring dan minum.Untuk hasil maksimal,minumlah dua kali sehari.

Khasiat Singkong untuk Luka

Mengobati luka dengan singkong caranya adalah tumbuk batang singkong yang masih segar,lalu oleskan di daerah luka,boleh juga ditutupi atau dibalut dengan perban.Untuk luka karena benda panas,obati dengan cara singkong diparut dan diperas kemudian olesi di daerah luka.Lakukan hingga luka mengering.

Khasiat Singkong untuk Diare

Mengobati diare atau sakit perut dengan singkong caranya adalah rebus tujuh lembar daun singkong dengan 800cc air,biarkan hingga menyusut 400cc.Kemudian saring dan minum.

Khasiat Singkong untuk Sakit Kepala

Mengobati sakit kepala secara alami dengan singkong dapat dilakukan dengan cara menumbuk daun singkong hingga halus,lalu menaruhnya di atas kepala untuk dikompres.

Khasiat Singkong untuk Beri-Beri

Bagi yang gemar menyantap daun singkong maka kemungkinan besar pasti terhindar dari penyakit beri-beri.Namun bagi yang terkena penyakit beri-beri,harus mengonsumsi 200 gram daun singkong rebus seperti sayuran segar.

Khasiat Singkong untuk Meningkatkan Stamina

Untuk meningkatkan stamina dengan singkong,dapat dilakukan dengan cara campurkan 100 gram singkong,lima butir angco (sejenis kurma Tiongkok),dan air.Untuk menghilangkan rasa pahit,tambahkan sedikit madu.

Itulah berbagai macam khasiat singkong terhadap penyakit.Dengan menyembuhkan penyakit secara alami,maka kita akan terhindar dari berbagai efek buruk setelah pengobatan secara alami.Berbeda dengan pengobatan menggunakan obat-obatan kimia yang beresiko memberikan efek buruk setelah mengomsumsi obat-obatan.



Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat