Dua Belas Fakta Menarik tentang Calgary,Kota Terbersih Sedunia


Kota Calgary adalah kota terbesar di provinsi Alberta,Kanada.Kota ini terletak di kawasan kaki bukit,dengan penduduk berjumlah 1.195.194 jiwa.meskipun Calgary bukanlah ibu kota Kanada,tetapi kota ini adalah kota terbersih sedunia.Dengan kota yang bersih,maka semangat hidup akan meningkat sehingga nantinya akan berpengaruh pula pada produktifitas penduduk di wilayah tersebut.

Kota Calgary dipimpin oleh walikota muslim pertama di Kanada,yaitu Naheed Kurban Nenshi.Dia terpilih pada tahun 2010,dan kembali memenangkan pemilihan walikota pada tahun 2013.Berbeda dengan Jakarta,di setiap sudut kota jakarta sangat gampang kita jumpai apa yang namanya sampah.Tetapi di Calgary jarang dijumpai orang meludah sembarangan,poster-poster atau iklan yang ditempel di jalan, dan tentu saja sungai-sungai di sana bersih dan hampir tembus pandang.

Ternyata selain kota yang bersih,Calgary juga merupakan kota industri.Sehingga banyak terlihat pemandangan gedung pencakar langit.Meskipun begitu,tidak akan kita jumpai pemukiman kumuh seperti di Jakarta.


Terdapat beberapa fakta menarik tentang Kota Calgary,berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Kota Calgary seperti yang dilansir dari nationalgeographic.co.id:

1.Terkenal dengan sebutan Cow Town,meskipun Calgary adalah kota modern.

2.Cocktail dengan penjualan tertinggi di Kanada,Bloody Caesar,terdapat di kota ini.

3.Calgary Stampede dianggap sebagai pertunjukkan outdoor terbaik di dunia.Acara yang diselenggarakan selama 10 hari ini anda dapat menemukan kompetisi rodeo terbesar di dunia,konser,hiburan,eksibisi,pameran dan parade.


4.Menurut data yang disusun oleh Economist Intelligent Unit,kota ini berada di peringkat lima (bersama Adelaide) sebagai kota paling layak huni di dunia pada tahun 2014.

5.Lebih dari 100 gedung di Calgary terhubung dengan jembatan setinggi 15 meter di atas permukaan tanah.Dengan begitu,anda dapat berjalan sejauh 18 kilometer tanpa keluar dari gedung.

6.Usia rata-rata penduduk Calgary adalah 35,7 tahun pada tahun 2011.

7.Kebun binatang Calgary adalah kebun binatang terbaik ketiga di Amerika Utara.

8.Kota ini tidak memungut pajak penjualan.Karena memang di seluruh wilayah Provinsi Alberta tidak memungut pajak.

9.Calgary merupakan kota yang kering,dengan curah hujan tahunan rata-rata 41 cm.

10.Angin Chinook di Calgary adalah angin panas dan kering yang datang dari barat gunung bebatuan.Angin Chinook dapat menaikkan temperatur saat musim dingin.

11.Temperatur terendah di Calgary adalah -45 derajat Celcius.Sedangkan temperatur tertinggi adalah 36 derajat Celcius.

12.Menara tertinggi di Calgary dan tertinggi ke-8 di Canada bernama The Bow.





Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat