17 Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan



Mengkudu adalah buah yang terkenal dengan rasa pahitnya sehingga jarang disukai orang.Meskipun rasanya pahit,ternyata buah mengkudu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.Nama lain dari mengkudu adalah kudu (Bahasa Jawa),cangkudu (Bahasa Sunda),keumeudee (Bahasa Aceh),tibah (Bahasa Bali),noni (Bahasa Hawaii),nono (Bahasa Tahiti),nonu (Bahasa Tonga),ungcoikan (Bahasa Myanmar) dan ach (Bahasa Hindi).

Mengkudu dipercaya sebagai tanaman asli dari kawasan Asia Tenggara,khususnya dari wilayah kepulauan nusantara.Selain itu,buah mengkudu juga menyebar ke wilayah lainnya,contohnya saja hingga ke Hawaii,sehingga tidak heran jika buah ini mempunyai begitu banyak nama.Penyebaran buah ini diketahui dilakukan oleh bangsa Polinesia (kepulauan Hawaii),ketika mengembara meninggalkan wilayah Asia Tenggara (sekitar tahun 100SM).Mereka menyebut buah ini sebagai buah ajaib yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.Selama belasan abad mereka membudidayakan buah yang mereka sebut dengan nama "Noni" ini.

Mengkudu tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 meter,memiliki bongkol berwarna putih.Buahnya merupakan buah majemuk,yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol,dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Kandungan zat pada buah mengkudu sangatlah bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan,berikut ini adalah kandungan zat pada buah ini:
  • Zat Nutrisi
Buah mengkudu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap,salah satunya adalah zat nutrisi yang bermanfaat buat tubuh,kandungan lainnya adalah ptotein,vitamin,serta mineral penting.Selenium yang terdapat di dalam buah mengkudu merupakan zat antioksidan yang hebat.
  • Terpenoid
Zat terpenoid pada buah mengkudu berguna untuk membantu proses sintesis organik dan juga bermanfaat untuk pemulihan sel-sel pada tubuh.
  • Zat Anti Bakteri
Zat-zat aktif pada sari buah mengkudu sangat berguna untuk mematikan bakteri penyebab infeksi,misalnya adalah Pseudomonas aeruginosa,Staphylococcus aureus,Protens morganii,Eschericia coli dan Bacillus subtilis.Zat anti bakteri pada buah mengkudu juga berguna untuk mengendalikan bakteri pathogen (bakteri yang mematikan),contohnya seperti S.typhi,Salmonella montivideo, dan S.scotmuelleri.
  • Zat Anti Kanker
Kandungan zat-zat anti kanker pada buah mengkudu sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal penyebab terjadinya kanker.

Berdasarkan penelitian terhadap kandungan di dalam buah mengkudu,buah yang satu ini sangat kaya akan manfaat.Berikut adalah beberapa manfaat buah mengkudu:

1.Memperlancar peredaran darah serta memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dengan zat scopeletin yang terkandung di dalam buah mengkudu.Zat ini juga berfungsi untuk membunuh beberapa varian bakteri,serta bersifat sebagai anti alergi.

2.Mematikan bakteri penyebab infeksi dan juga sebagai pengontrol bakteri pathogen melalui zat anti bakteri yang terkandung di dalam buah tersebut.

3.Buah mengkudu dapat melawan penyakit kanker atau sel-sel abnormal melalui zat anti kanker yang terkandung di dalam buah tersebut.

4.Dapat menjadi zat pencegah kanker dan tumor.

5.Dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6.Buah mengkudu dapat mengurangi rasa sakit.

7.Mengatasi peradangan dan alergi.

8.Manfaat terhadap kecantikan: memberantas ketombe,rambut rontok dan sisik kulit.

9.Manfaat terhadap sistem pencernaan: mengobati perut kembung,luka pada usus halus,radang lambung,muntah-muntah dan keracunan makanan.

10.Manfaat terhadap sistem pernapasan: mengobati batuk,bronchitis,sakit tenggorokan,TBC,kolera,demam pada bayi,sinusitis dan asma.

11.Manfaat terhadap sistem kardiovaskular: mengobati kolesterol tinggi,penebalan otot jantung dan meningkatkan transportasi oksigen di dalam sel.

12.Manfaat terhadap penyakit kulit: mengobati luka bakar,luka,kudis,bisul,selulit,cacing kulit,kurap,radang pada kulit,borok pada kulit,serta masalah-masalah lainnya pada kulit.

13.Manfaat terhadap mulut dan tenggorokan: mengobati radang tenggorokan,batuk,gusi berdarah,sariawan dan sakit gigi.

14.Manfaat terhadap gangguan menstruasi: mengobati sindrom pra-menstruasi,siklus haid yang tidak teratur dan nyeri pada haid.

15.Sari pada buah mengkudu dapat digunakan sebagai tonik untuk mengatasi keriputan akibat proses penuaan,sehingga dapat menjadikan tubuh lebih awet muda.

16.Buah mengkudu dapat menjadi defisiensi daya tahan tubuh terhadap penyakit virus Epstein-Barr,candidiasis kronis,penyakit akibat infeksi virus HIV dan kekurangan tenaga (AES:Altered Energy Syndrome).

17.Penyakit-penyakit lainnya di dalam tubuh yang dapat diobati dengan buah mengkudu adalah diabetes,hepatitis kronis,sakit pinggul,gangguan fungsi ginjal,sakit kepala,kencing batu dan gangguan pada hormon tiroid.





Comments

  1. Ternyata banyak manfaat nya ya bang ...
    Salam kenal nama saya Wulan Nuraisyah jangan lupa kunjungi blog saya bangDREAM INTERNET dan Budak Nakal


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat