20 Fakta Menarik tentang Indonesia




Indonesia adalah negara kepulauan dengan lebih dari 13.500 pulau, 34 provinsi dan 50 kabupaten kota. Terdapat lebih dari 740 suku yang ada,membuat indonesia merupakan negara dengan budaya paling kaya di dunia.Selain itu indonesia juga memiliki keindahan alam yang luar biasa,mulai dari pantai, gunung,danau,  hingga berbagai macam flora dan fauna.

Dengan adanya pesona alam,budaya, dan berbagai daya tarik lainnya yang amat dibanggakan tidak hanya oleh anak negeri,bahkan dunia pun mengakuinya.Ada banyak fakta menarik yang membanggakan tentang Indonesia,sehingga kita harus bangga terhadap Indonesia.Bagi yang masih malu menjadi warga Negara Republik Indonesia, mungkin harus lebih mengetahui tentang fakta-fakta menariknya Indonesia.

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang Indonesia:

1.Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6000 pulau yang belum berpenghuni). Indonesia memiliki 3 dari 6 pulau terbesar di dunia, yaitu: Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2), dan papua (421.981 km2).

2.Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2, dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

3.Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia, dengan hampir 60% penduduk Indonesia (sekitar 130 juta jiwa) tinggal di pulau ini yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah Republik Indonesia.

4.Indonesia merupakan negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, di Papua saja terdapat 270 suku.

5.Indonesia adalah negara dengan bahasa daerah terbanyak, yaitu terdapat 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan oleh berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia, meskipun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

6.Rendang termasuk dalam makanan terenak di dunia,walaupun rendang sebagai masakan asli masyarakat Padang, Sumatera Barat,namun rendang juga populer di hampir seluruh wilayah Indonesia. Pada bulan juli tahun 2013, rendang masuk di urutan ke-11 dari 50 daftar makanan terenak di dunia yang dipublikasikan oleh stasiun berita CNN.Kemudian, pada polling di Facebook yang dirilis CCNGo.com, rendang dan nasi goreng dipilih sebagai makanan terlezat di dunia,menduduki peringkat nomor satu dan dua, menggeser posisi Massaman Curry dari Thailand dan Neopolitan Pizza dari Italia.Sementara sate berada di posisi ke-14.

7.Jumlah nomor handphone di Indonesia mencapai 280 juta.Nomor 4 terbanyak di dunia.

8.Monumen Buddha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km.Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750M-850M).

9.Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia.Jumlah pemeluk agama islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia.Selain itu Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengklaim bahwa jumlah masjid di Indonesia adalah yang terbanyak di dunia. dan Indonesia adalah negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

10.Indonesia adalah negara pertama yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 7 januari 1965.Indonesia bergabung kembali ke PBB pada tahun 1966.

11.Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ke-3 di dunia.

12.Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia, hutan bakau bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi.

13.Komodo adalah binatang purba yang masih hidup dan kadal terbesar di dunia.Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.


14.Rafflesia Arnoldi adalah bunga terbesar di dunia yang tumbuh di Sumatra. Ketika bunganya mekar,diameternya bisa mencapai 1 meter.


15.Ada 1,3 juta alamat website yang dibuat oleh orang Indonesia.

16.Terumbu karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total di dunia).



17.Biji kopi luwak adalah biji kopi termahal di dunia, dan produsennya adalah Indonesia.

18.Dalam Moto GP,Honda menggunakan jargon "One Heart" (Honda Indonesia) yang terpasang di motor balapnya.Sedangkan Yamaha menggunakan jargon "Semakin di Depan" di baju balapnya.Walaupun motor jepang,tapi semua produksinya dilakukan di Indonesia.

19.Indonesia memiliki biodiversitas Anggrek terbesar di dunia.Mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil,termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya dijumpai di Papua.

20.Pejuang HAM lengendaris dan bapak pembebasan Negara Afrika Selatan,Nelson Mandela,mengakui bahwa perjuangannya dalam melawan rezim Apartheid itu,diinspirasikan oleh Syekh Yusuf Al Makassary,yang beliau berasal dari Indonesia dan berdarah bugis.

Comments

  1. wow articelnya bagus gan supaya kita lebih cinta indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat