Rahasia Kemakmuran Negara Luksemburg



Luksemburg merupakan salah satu negara terkecil di Eropa. Luksemburg berada di peringkat ke-169 dalam daftar negara menurut luas wilayah. Negara ini luasnya sekitar 2.586 kilometer persegi. Luksemburg berbatasan dengan provinsi Luksemburg milik Belgia di sebelah barat, yang luasnya 4.443 kilometer persegi, hampir dua kali luas wilayah negara ini. Di utara, terdapat bukit-bukit dan gunung-gunung dengan ketinggian rendah, titik tertingginya yaitu 559 meter di Buurgplaatz. Perbatasan timur Luksemburg dibentuk oleh tiga sungai yaitu Moselle, Sauer, dan Our.


Terdapat empat bahasa resmi di Luksemburg, yaitu bahasa Perancis, Jerman, Belanda, dan Luksemburg. Negara yang dipimpin oleh Perdana Menteri bernama Jean-Claude Juncker ini, memiliki penduduk sebanyak sekitar 500.000 jiwa. Penduduk Negara Luksemburg 87% beragama Katolik Roma, sedangkan sisanya 13% adalah Protestan, Yahudi, dan Islam. Negara Luksemburg memiliki motto yang dalam bahasa Indonesia berarti "Kami ingin tetap berada di mana kami sekarang."


Luksemburg merupakan negara yang terkurung, letaknya dikelilingi oleh negara Perancis, Jerman, dan Belgia. Tetapi meskipun terkurung, hal itu tidak membuat kesan yang negatif. Buktinya Luksemburg adalah negara berbasis Katolik Roma yang maju dan eksis di kawasan Eropa.

Meskipun Luksemburg termasuk negara terkecil di Eropa, tetapi Luksemburg adalah negara yang suka berkumpul dan kuat. Luksemburg ikut serta menjadi anggota Benelux, Uni Eropa, NATO, Persatuan Bangsa-Bangsa, dan OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Secara kuantitas wilayah Luksemburg memang minim, tetapi kualitasnya luar biasa.



Dalam penggunaan bahasa, bahasa yang digunakan untuk kepentingan bisnis adalah bahasa Perancis, sedangkan bahasa jerman digunakan pada media massa. Terdapat 5 kota dengan populasi terpadat, yaitu Kota Luksemburg yang merupakan ibu kota Negara Luksemburg, Esch-sur-Alzette, Differdange, dan Ettelbruck. Laju pertumbuhan penduduk di luksemburg rata-rata adalah 1,14%.

Harapan hidup bagi laki-laki adalah 75,76 tahun (tahun 2007), dan bagi perempuan adalah 82,52 tahun (tahun 2007). Angka kelahiran di Luksemburg adalah 12 kelahiran per 1.000 populasi. Sedangkan angka kematian bayi adalah 4 kematian per 1.000 kelahiran hidup. Luksemburg termasuk dalam negara dengan nominal produk domestik bruto (PDB) tertinggi di dunia. Pada tahun 2011, PDB Luksemburg mencapai US $ 115.000, hampir tiga kali lebih tinggi dari rata-rata negara di Uni Eropa dan bahkan PDB itu berada di peringkat tertinggi di dunia setelah Qatar.

Sekitar 27% lahan di Luksemburg adalah lahan tanah subur. Umumnya pertanian di Luksemburg berasal dari pertanian yang dimiliki keluarga-keluarga petani. Industri di Luksemburg didominasi oleh industri baja. Industri yang dikembangkan di Luxemburg semakin bermacam-macam, mencakup industri kimia, karet, dan produk-produk lainnya. Dalam sektor jasa, khususnya perbankan merupakan sektor pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang di Luksemburg.

Luksemburg terkenal dengan industri perbankan yang maju. Pada bulan maret 2006, terdapat lebih dari 155 bank di negara tersebut. Komoditas ekspor di Luksemburg antara lain adalah mesin dan peralatan, produk baja, bahan kimia, produk karet, dan kaca. Sedangkan komoditas impor di Luksemburg antara lain adalah hasil tambang, logam, bahan makanan, dan barang-barang konsumsi berkualitas.

Upah minimun di Luksemburg menduduki posisi tertinggi di Eropa dan tertinggi kedua di dunia setelah Australia. Pada tahun 2013, upah minimum di Luksemburg mencapai $ 2.404 per bulan dalam penghitungan dolar. Tingkat pengangguran rata-rata di Luksemburg pada tahun 1982-2013 adalah 3,3%. Tingkat pengangguran ini adalah yang paling rendah di Eropa.

Di Luksemburg terdapat RTL Group (Radio Television Luxemburg) yang merupakan industri terbesar di perusahaan televisi dan radio Eropa. Kantor pusat Skype, panggilan internet gratis dan instant messaging software terdapat di Luksemburg. Begitu juga dengan Amazon, Rakuten, Paypal, dan Rovi Corporation semua memiliki kantor pusat Eropa di Luksemburg.

Luksemburg menempati peringkat ke-3 negara terbaik di Uni Eropa dengan efisiensi bisnis pada tahun 2005, setelah Finlandia dan Denmark. Organisasi Amerika yang benama 'The Heritage Foundation' memberikan peringkat pertama di Eropa dan peringkat keempat di dunia terhadap pencapaian kebebasan ekonomi di Luksemburg.




 




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat