13 Pemuda Penguasa Dunia Internet


Di zaman yang serba canggih ini, tentu saja dunia internet sudah menjadi hal yang penting dalam kehidupan manusia. Banyak manfaat dengan adanya internet, contohnya saja seperti Facebook yang dapat membuat kita terhubung dengan orang-orang dari seluruh dunia, selain itu ada juga Youtube sebagai sarana untuk berbagi video. Ternyata Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg ketika masih berusia 19 tahun, sedangkan Youtube didirikan oleh Chad Hurley ketika berusia 28 tahun, Steve Chen ketika berusia 27 tahun, dan Jawed Karim ketika berusia 26 tahun Lantas, ternyata masih banyak pemuda-pemuda lainnya yang berperan penting terhadap dunia internet. Berikut ini adalah pemuda-pemuda yang berperan penting terhadap dunia internet:

1. Larry Page dan Sergey Brin


Larry Page dan Sergey Brin merilis Google pada 4 september 1998. Saat itu Larry Page masih berusia 25 tahun dan Sergey Brin berusia 24 tahun. Kantor pertama mereka adalah garasi. Google bisa dikatan sebagai mesin pencari  yang bisa menampilkan segala jenis informasi, dan merupakan mesin pencari nomor satu di dunia. Maka, dengan kerja keras mereka akhirnya Google mendapatkan keuntungan hingga miliaran dolar AS. Kedua orang ini telah menjadi inspirasi bagi banyak pemuda di dunia.



2. Pierre Omidyar



Pierre Omidyar merilis eBay pada 4 September 1995. Saat itu usianya baru 28 tahun. Awalnya, Pierre membuat ebay untuk menolong seorang teman dekat yang ingin menjual sebuah produk. Namun, ternyata eBay dapat berkembang pesat menjadi situs lelang online terbesar di dunia. Menurut Pierre, kesuksesan eBay tidak lepas dari dua hal. Pertama kuatnya komunitas penjual dan pembeli, yang jumlahnya mencapai ratusan juta orang. Yang kedua, nilai-nilai baik yang dianutnya. Dalam bisnis, eBay percaya bahwa pada dasarnya setiap manusia itu baik dan setiap orang memiliki suatu keunggulan yang bisa diberikan kepada orang lain. Selain itu, eBay percaya bahwa kejujuran dan keterbukaan bisa membawa kebaikan pada diri manusia. Maka aturan "emas" eBay adalah mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik. eBay berharap para anggotanya bisa mengikuti contoh yang diberikan.



3. Matt Mullenweg


Matt Mullenweg adalah sosok tokoh pencipta situs penyedia blog gratisan yaitu WordPress. Ia mulai menciptakan cikal bakalnya ketika mulai baru berusia 19 tahun. WordPress dapat menjadi tenar dalam waktu singkat karena situs ini mudah dipakai dan selalu diperbarui. Hingga tahun 2008, tercatat ada 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 miliar halaman WordPress yang bisa dilihat. Lalu, ada 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata empat juta posting setiap bulan. Matt, yang pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009 ini mengatakan, ia tidak akan menjual WordPress ke perusahaan besar dengan harga yang tinggi. Ia juga mengatakan tidak mengambil keuntungan dari WordPress. Keuntungan sudah ia dapatkan dari beberapa perusahaan yang dimilikinya.


4. Mark Zuckerberg


Mark Zuckerberg menciptakan situs jejaring sosial Facebook ketika baru berusia 19 tahun. Awalnya ia membangun jaringan sosial bagi remaja di kampusnya saat itu, Harvard University, Amerika Serikat. Namun kini, Facebook termasuk situs jejaring sosial terbesar di dunia. Pada tahun 2013 diperkirakan pengguna Facebook menembus angka 500 juta pengguna.


5. Tom Anderson


Tom Anderson merilis MySpace pada bulan Agustus 2003. Ada kesimpangan siuran data mengenai usianya saat itu, namun berbagai sumber menyebut Tom berusia kurang dari 30 tahun ketika menciptakan MySpace. Saat ini MySpace merupakan situs jejaring sosial yang paling besar di dunia, yang bersaing ketat dengan Facebook. MySpace telah digunakan lebih dari 100 juta orang, dengan pengguna terbesar berasal dari Amerika Serikat. Kelebihan MySpace terletak pada bidang musik. Ketika fasilitas musik terbaru (yaitu "audio streaming" gratis) diluncurkan pada 25 September 2008, hanya dalam beberapa hari saja, ada miliaran lagu yang didengarkan oleh para penggunanya. Oleh karena itu, banyak orang memperkirakan bahwa MySpace bisa mempengaruhi industri musik di internet.


6. Jerry Yang dan David Filo



Pada tahun 1995, kedua orang ini mendirikan Yahoo! situs mesin pencari kedua terbesar setelah Google. Saat itu, Jerry berusia 26 tahun dan Filo 28 tahun. Pernah suatu ketika perusahaan besar Microsoft sempat ingin membeli Yahoo!, dengan nilai tawaran sebesar 44,6 miliar dolar AS (sekitar Rp.458,8 triliun). Namun tawaran itu gagal, sehingga Microsoft dan Yahoo! tidak menampakkan kemungkinan kerja sama di masa mendatang.


7. Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim


Ketiga orang ini adalah pencipta situs berbagi video online yaitu Youtube. Mereka mendirikan YouTube pada tahun 2005. Ketika itu Chad berusia 28 tahun, Steve 27 tahun dan Jawed Karim 26 tahun. Pada Oktober 2006, YouTube diakuisisi (diambil alih kepemilikannya) oleh Google dengan senilai 1,65 miliar dolar AS.






8. Blake Ross


Blake Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla, fasilitas penjelajah internet. Blake Ross membuat website pertamanya pada saat berumur 10 tahun dan ia menjadi seorang kontraktor Netscape pada usia 15 tahun. Blake Aaron Ross kuliah di Universitas Standford pada tahun 2003 dimana setahun kemudian ia mengembangkan Mozilla Web Browser. Ketika Mozilla Firefox dirilis tahun 2004, Ross baru berusia 19 tahun. Akhirnya Ross keluar dari Universitas Standford pada tahun 2005.


9. Andrew Darwis


Mendirikan Kaskus pada tahun 2000, ketika dia masih berusia 21 tahun. Awalnya Kaskus dibuat oleh Andrew untuk berinteraksi dengan sesama teman mahasiswanya di Seattle, Amerika Serikat. Kini Kaskus menjadi komunitas dunia maya terbesar di Indonesia.


Beri 1 Like saja, untuk Ilmu Manjur:

Like

Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat