Kisah Bill Gates, Orang Terkaya di Dunia


Seperti kegiatan rutin yang sudah biasa dilakukan, bahwa setiap tahun selalu dirilis daftar orang terkaya di dunia. Pada tahun 2015 ini pun juga demikian, salah satu majalah terkemuka yaitu majalah Forbes merilis daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2015. Dari daftar tersebut, terlihat sepertinya tidak banyak mengalami perubahan terutama di urutan puncaknya. Pada tahun 2015 Bill Gates tetap menjadi orang terkaya di dunia sebagaimana seperti pada tahun 2014. Demikian pula pada posisi ke-2 yaitu Carlos Slim Helu yang merupakan mantan orang terkaya di dunia pada tahun 2013. Kekayaan Bill Gates pada tahun 2015 mencapai USD$ 79,2 miliar atau setara Rp. 1.019 triliun.

Bill Gates lahir dengan nama William Henry Gates III pada tanggal 28 oktober 1955. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ibunya merupakan seorang guru yang dalam berbagai kegiatan amal. Sedangkan ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sejak kecil, Bill merupakan anak yang cerdas. Kecerdasannya di atas rata-rata atau jenius. Dia terlalu semangat dan cenderung kesulitan di sekolah. Ketika Bill berumur 11 tahun, orang tua Bill memutuskan untuk menyekolahkan Bill di Lakeside School, sekolah bergensi khusus untuk laki-laki.

Setelah menyelesaikan sekolah menengahnya, Bill memutuskan untuk kuliah di Harvard University. Namun kuliahnya tidak sampai selesai dan memilih menekuni bisnis piranti lunak komputer. Bill menyukai hal-hal tentang perangkat komputer. Ia yakin komputer itu akan menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia. Pandangan seperti inilah yang membedakan antara orang bisa dengan orang visioner.

Bill menekuni aktivitas barunya dengan melakukan riset, mengatur elemen-elemen dari perangkat komputer, dan perakitan komputer. Kemudian mendirikan usaha komputer yang diberi nama microsoft corporation yang didirikan pada tahun 1975.

Pada saat itu, Bill berteman dengan Paul Allen dan membuat program altair basic bersama-sama. Program itu berasal dari inspirasi komputer basic. Sebuah bahasa komputer yang dipakai dalam ms-dos. Hasil riset mereka beri nama microsoft basic.

Program ms-dos ternyata menimbulkan kontroversi. Program ini ternyata berhasil menghasilkan kekayaan yang melimpah bagi Bill. Menurut beberapa pakar, program ms-dos bukan berasal dari karyanya sendiri. Ketika itu microsoft corporation belum berkembang, sedangkan Bill mendapatkan kabar bahwa ibm akan memproduksi personal computer (pc) secara massal. Namun, ibm belum mendapatkan program yang cocok untuk pc ini. Dengan kesempatan ini, Bill Gates dan microsoft corp, membeli sebuah program dari seattle computer bernama x88. Ketika membeli, microsoft tidak memberi tahu bahwa mereka bekerja sama dengan ibm. Setelah mendapatkan program ini, dan kemudian menjualnya dengan harga tinggi pada ibm.

Dengan penjualan ini, Bill Gates mendapatkan keuntungan jutaan dolar dan menjadikannya orang kaya pada usia 31 tahun. Selain itu, nama microsoft corporation semakin melangit.


Bill tetaplah menjadi seorang pembisnis yang jeli dan cerdas. Hal itu terbukti dari pilihan nama untuk program-programnya, ia menamai programnya dengan nama windows. Nama ini sangat sederhana dan banyak dikenal orang. Sekarang windows adalah sebuah sistem operasi dari microsoft dan hampir semua komputer di dunia menggunakannya. Selain itu, Bill telah sukses menjadikan sistem ini belum tertandingi dengan merek lain. Contoh aplikasinya yang terkenal adalah microsoft office dan microsoft word.

Menurut pakar, sebenarnya teknologi yang dikeluarkan microsoft biasa saja. Kekuatan perusahaan ini justru terletak pada kecanggihan marketingnya. Berbekal dengan nama microsoft, banyak program laris terjual di pasaran. Padahal tidak ada yang tahu, berapa produk buatan sendiri serta berapa produk yang dibeli dari perusahaan lain yang ditulis made by microsoft.

Kemampuan perusahaan dalam memasarkan software produknya tentu diimbangi dengan keberanian dalam melakukan ekspansi pasar. Microsoft tidak segan-segan untuk membuka cabang di berbagai kota di seluruh dunia. Microsoft corp telah mempekerjakan sekitar 80.000 karyawan di seluruh dunia.

Kiprah Bill Gates di dunia sosial juga terbilang bagus. Bill Gates adalah seorang pengusaha yang dermawan. Bersama istrinya, Melinda French, Bill melakukan kegiatan amal. Mereka berdua mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation yang mendukung upaya perbaikan kesehatan global dan pendidikan.


Beri 1 Like saja untuk Ilmu Manjur:

  Like  

  

Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat