Tips Menjadi Kaya dan Sukses Ala Warren Buffet, Investor Terkaya di Dunia


Warren Edward Buffet adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Lelaki yang memiliki julukan Oracle of Omaha ini, memegang 38% saham di perusahaannya Berkshire Hathaway. Bisnis inti dari Berkshire Hathaway adalah asuransi, termasuk properti dan asuransi jiwa, reinsuransi dan asuransi khusus yang tidak standar. Pada tahun 2005 ia mampu duduk di belakang Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Sedangkan pada tahun 2015 kekayaan bersihnya mencapai 72,3 miliar USD. Warren Buffet tidaklah terlahir dari golongan orang kaya, tetapi berkat kecerdikannya dan kerja kerasnya. Ia mampu mengumpulkan kekayaan semenjak ia kecil. Saat ia berumur 11 tahun ia mulai membeli saham.

Rahasia Warren Buffet

Sebagai tokoh investor saham di perusahaan  Berkshire Gathway sebesar 38% itu, memiliki sebuah rahasia kerja yang pernah ia lakukan sehingga ia menjadi kaya dan sukses seperti sekarang ini, berikut ini adalah rahasianya:

1. Penyesalan yang tinggi terhadap waktu yang telah terlewatkan dengan sia-sia. Ia sangat menyesal ketika ia baru terpikirkan membeli saham saat umur 11 tahun. Ia sangat menyesal mengapa tidak dalam umur yang lebih muda.

2. Saving is the best. Menurutnya menabung adalah hal yang terbaik, tentu saja tidak hanya menabung dalam bentuk rill sekedar datang ke bank lalu mendiamkan uang. Kecerdikan otaknya, pada saat umur 14 tahun ia membeli ladang dari hasil uang yang ia kumpulkan  saat menjadi loper koran.

3. Ia tidak mempunyai sopir atau satpam. Ketika bepergian ia selalu menumpang pesawat komersial, meskipun memiliki perusahaan jet pribadi terbesar.

4. Warren Buffet tidak mempunyai ponsel dan laptop atau komputer di mejanya, baginya itu sangat mengganggu. Dia juga tidak pernah bergaul dengan kalangan  jetset. Setibanya di rumah ia langsung membuka popcorn dan menonton Televisi.

5. Ia tidak suka berlebihan. Sebagai buktinya ia cukup menghuni rumah kecil yang hanya memiliki tiga tempat tidur tanpa pagar. Dibelinya sudah puluhan tahun di tengah Kota Omaha. Rumah itu merupakan istana bagi Warren Buffet.

Sebagai miliarder, ia selalu menunjukkan kehidupan yang sederhana contohnya seperti rumahnya yang tidak mewah, tak ada mobil mewah dan tak ada sopir pribadi. Pembantu menurutnya hanya  akan memanjakan jiwa juangnya.

Bahkan ia ingin memperkuat jiwanya untuk lebih peduli dengan orang lain. Buktinya Warren Buffet menyumbangkan 80% kekayaannya untuk amal kemanusiaan.

Tips Menjadi Kaya dan Sukses Ala Warren Buffet

Segala sesuatu yang kita kerjakan tentu saja memiliki strategi khusus, begitu pula dengan Warren Buffet. Sebagai orang kaya, ia pun juga memiliki tips khusus, yaitu:

1. Kaya Itu Berasal dari Pikiran/Mindset

Perbedaan antara miskin dan kaya terletak pada mindset/cara berpikir mereka. Orang miskin selalu berpikir  bahwa ia miskin dan kekurangan. Sedangkan yang kaya berpikir bahwa dirinya berlimpah harta dan makmur. Keyakinan, keputusan yang Anda ambil dan cara Anda berkehendaklah yang menentukan kekayaan Anda.   

2. Judi adalah Permainan Orang Tolol

Untuk pengusaha, hal ini bisa diartikan bahwa jangan mengecewakan pemilik saham. Berusahalah agar para pemilik saham memiliki kepercayaan terhadap orang yang Anda bina.

3. Berhati-Hatilah dengan Siapa Anda Bergaul

"Lebih baik berkumpul dengan orang-orang yang lebih baik dari kita. Carilah orang yang kebiasaannya/sifatnya lebih baik darimu dan Anda akan mengalir ke arah lebih baik."

Jika Anda ingin sukses secara finansial Anda perlu bergabung dengan orang-orang yang memberi dukungan antusiasme pada visi Anda. Bila Anda bergaul dengan orang yang menganggap uang jahat, alat kapitalisme dan kekayaan itu budaya asing. Maka kesehatan, keuangan Anda akan dipengaruhi pandangan mereka.

4. Sukses Lebih dari Jumlah Uang Anda di Rekening Bank

"Sukses adalah dapat mengerjakan sesuatu yang Anda dapai sukai dan melakukannya dengan sangat baik. Secara mendasar, itulah arti sukses. Saya tidak pernah berjumpa dengan orang yang melakukan hal di atas tetapi tidak pernah merasa sukses. Saya telah berjumpa dengan banyak orang yang tidak melakukannya dan hidupnya sangat menyedihkan."

Menurut Warren Buffet rahasia sukses, ialah "saat seseorang mencapai usia seperti saya serta punya orang yang mencintai dan dicintai. Orang demikian dapat dikategorikan sukses." Tidak ada perbedaan di antara mereka yang mempunyai ribuan atau milyaran uang di bank.

5. Pengeluaran Lebih Kecil dari Pada Pendapatan

"Saat anda berada dalam kapal yang sedang bocor, energi yang digunakan untuk menukarkan kapal baru lebih produktif daripada untuk menambal kebocoran kapal lama."

Warren Buffet terkenal dengan cara hidupnya yang sederhana. Dia masih tinggal di rumahnya yang dibelinya tahun 1958. Dia hidup denga gaji $100 pertahun dibanding dengan kekayaan bersihnya yang senilai 72,3 miliar USD.

6. Jauhilah Berhutang untuk Kebutuhan Konsumsi

Warren Buffet menjauhi hutang konsumsi, tapi berhutang dengan bijak sebagai investasinya. Maksudnya adalah gunakan kesempatan berhutang untuk membuka usaha. Karena dengan hal itu akan membuat Anda memiliki penghasilan serta mampu mengembalikan hutang Anda.

7. Sumbanglah ke Masyarakat

"Dari banyar miliarder yang saya kenal, uang adalah cermin, karakter dalam diri mereka. Jika mereka orang tolol, sebelum mendapat uang mereka juga akan jadi orang tolol dengan mendapat uang milyaran."

Tangan di atas memang lebik baik dari pada tangan di bawah. Pada bulan Juni 2006, Warren Buffet mendermakan sebagian besar sahamnya di Berkshire. Total diterimanya saat itu mencapai US $31 miliar. Tak mengherankan jika amal itu tercatat sebagai donasi terbesar dalam sejarah Amerika.

8. Kemurahan Hati dan kemelimpahan Berjalan Seiring

"Walau Ben Graham (guru Warren Buffet) mempunyai segalanya dalam hidup ini, dia ingin menyumbang sesuatu yakni dengan mengajar. Sama seperti kita diberi kemurahan oleh orang lain kami tidak ingin berkat itu berhenti di kami, kami ingin berkat itu berkelanjutan kepada orang lain."

"Anda hanya perlu melakukan beberapa hal yang tepat dalam hidup ini asalkan Anda tidak melakukan terlalu banyak hal yang salah."

Beberapa hal yang bisa kita renungkan:

1. Uang tidak menciptakan manusia. Namun manusia bisa menciptakan uang.

2. Jalani kehidupan Anda sesederhana diri Anda sendiri. Yang penting diri Anda nyaman.

3. Jangan lakukan apa yang orang lain katakan. Dengarkan saja mereka, namun lakukanlah yang membuat Anda merasa nyaman.

4. Jangan membeli barang karena merknya. Kenakanlah pakaian yang membuat Anda merasa nyaman.

5. Jangan menghabiskan uang Anda untuk barang-barang yang tidak penting. Gunakanlah uang sebijaksana mungkin sesuai keperluan Anda.


Beri 1 Like saja untuk Ilmu Manjur:

Like

Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat