Imbalan Besar bagi Muslim yang Sholat Dhuha



Banyak muslim yang masih belum tahu imbalan sebesar apa yang bakal diterima jika rajin menunaikan sholat dhuha. Beruntung anda punya kesempatan untuk membaca tulisan di bawah ini, semoga menjadi pelajaran berharga untuk kita semua.



Seperti yang diungkap oleh Prof. DR. Abuya As Sayyid Al Habib Muhammad bin 'Abdul 'Aziz Al Maliki Al Hasani Al Makki Al Mukarromahi Al Haramaini dalam bukunya Khashaish al-Ummah al-Muhammdiyah tentang keutamaannya, penulis membeberkan keutamaan-keutamaan yang disediakan oleh Allah Subhanahu Wa ta'ala bagi hamba yang menunaikannya lengkap dengan sumber haditsnya.

Pertama
Orang yang shalat dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. "Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan." (HR. Imam At Turmudzi RH)

Kedua
Barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Allah. "Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat dhuha kecuali ia tergolong sebagai orang yang bertaubat." (HR. Imam Al Hakim RH)

Ketiga
Orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah. "Barangsiapa yang shalat dhuha dua raka'at, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakan sebanyak empat raka'at, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakan enam raka'at, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa yang mengerjakan delapan raka'at, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala tulis dia sebagai orang yang tha'at. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan membangun sebuah rumah di surga untuknya." (HR. Imam At-Thabrani)

Keempat
Orang yang istiqomah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khushush, pintu dhuha yang disediakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. "Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Qiyamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, Di manakah orang-orang yang semasa hidupnya di dunia selalu mengerjakan shalat dhuha? ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala. (HR. Imam Ath-Thabrani RH)

Kelima
Rezeki tercukupi, "Wahai anak adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat raka'at dalam mengawali harimu, niscaya Aku akan menyukupimu di akhir harimu." (HR. Abu Ad Darda')

Keenam
Orang mengerjakan shalat Dhuha ia telah mengeluarkan Shedeqah. "Hendaklah masing-masing kamu bershedeqah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah shedeqah, setiap tahmid adalah shedeqah, setiap tahlil adalah shedeqah, setiap takbir adalah shedeqah, menyuruh kepada ma'ruf adalah shedeqah, mencegah yang munkar adalah shedeqah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua raka'at sholat Dhuha." (HR. Imam Muslim R.A)

Dari tulisan yang di atas, masih ada keinginan kah untuk meninggalkan shalat Dhuha?

Shalat Dhuha mempunyai kedudukan mulia. Disunnahkan untuk kita kerjakan sejak terbitnya matahari sampai menjelang datangnya shalat dhuhur. Kira-kira waktunya 15 menit setelah syuruq, hingga 15 menit sebelum dhuhur.

Terima kasih semoga bermanfaat, silahkan dibagikan kepada yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat