Salah Kaprah Tentang Khilafah Islam

 Assalam'mualaikum Wr.Wb. Selamat sejahtera bagi kita semua, semoga kita terhindar dari kejahatan dan malapetaka. Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang makna dari khilafah, dan bukan maksud dari saya untuk membenci Pancasila atau anti pancasila. Melainkan untuk meluruskan tentang khilafah.

Langsung saja menuju ke inti, secara sederhana khilafah adalah kepemimpinan umum bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia. Jadi semestinya ketika ada suatu khilafah, maka seluruh wilayah muslim di dunia harus diatur oleh pemerintahan khilafah. Dan dari hal inilah, yang sampai sekarang ini tidak bisa dilakukan. Kenapa? karena umat islam sekarang ini sedang terpecah belah. Mereka kurang ada keinginan untuk bersatu, dan menganggap golongannya yang paling benar. Lantas, jika ada suatu kelompok yang ingin mendirikan khilafah, apakah kelompok islam yang lain setuju dengannya?. Misal seperti ini, Indonesia akan mendirikan khilafah, maka nantinya seluruh wilayah islam di dunia harus tunduk dengan khilafah di Indonesia. Lantas apakah nantinya negara Arab Saudi, Pakistan, Yaman, dan negara islam lainnya mau membaur ke Khilafah Indonesia?. Tentu saja hal seperti itu akan sulit terjadi. Karena tidak diperbolehkan ada dua khilafah di dunia, Khilafah di dunia harus tetap ada satu.

"Jika dibai'at dua orang khalifah, maka bunuhlah yang terakhir dari keduanya."(HR.Muslim).

Sebenarnya setelah Khilafah Turki Usmani runtuh, sudah ada usaha dari raja Arab Saudi waktu itu, untuk mendirikan Khilafah lagi, sehingga Raja Saudi mengundang seluruh ulama dari belahan dunia. Tetapi para ulama tidak setuju sehingga tidak terbentuklah khilafah.

Pada zaman sekarang ini, ISIS mengklaim bahwa mereka adalah khilafah, sehingga seluruh umat islam di dunia harus mengikuti mereka. Lantas apakah kita setuju dengan mereka? tentu saja tidakkan. Karena kita tahu ISIS adalah golongan sesat radikalisme. Selain itu, hal yang membuat khilafah sulit untuk didirikan adalah tidak adanya tokoh umat islam untuk dijadikan Khalifah (Pemimpin umat Islam). Jika seandainya khalifah atau pemimpin umat berasal dari Indonesia, lantas apakah orang Arab Saudi setuju dengannya? tentu saja sulit. Karena pada zaman sekarang ini umat islam sedang krisis tokoh yang disegani oleh seluruh umat islam di dunia. Memang dikatakan dalam islam, bahwa suatu saat akan ada khilafah islam yang menyatukan seluruh umat islam di dunia, tetapi tidak sekarang, karena alasan-alasan yang saya sebutkan tadi.  

Suatu saat, entah puluhan atau ratusan tahun yang akan datang, khilafah islam akan tegak lagi dibawah pemimpin khalifah imam mahdi. Oleh karena itu, lakukan hal yang baik pada saat ini, kita patut bersyukur Indonesia menganut ideologi Pancasila, karena sejatinya nilai-nilai pancasila tidak jauh beda dengan khilafah yang sesungguhnya. Demikian yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalahan silahkan berkomentar. Wassalam'mualaikum Wr.Wb. Silahkan berkomentar yang sopan.

Comments

Popular posts from this blog

10 Kota Terindah di Dunia

Dubai Termasuk dalam Tanda-tanda Kiamat